Sunday, March 23, 2008

Bali Marine and Safari Park here we go ...

Yup, bener !
Bali Marine and Safari Park adalah adik dari Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Cisarua Bogor. Terhitung masih sangat baru di Bali, karena sebelum gue pergi dan mencoba browsing on the net. Web nya masih "under construction" terus2an.

Bali Marine and Safari Park lebih comfortable dibanding Singapore Zoo. Tapi memang berhubung masih baru ... masih rada "sepi" kesan dari koleksi hewan2nya.


Bali Marine and Safari Park berlokasi di kabupaten Gianyar Bali. Bener2 dicoba dan dirancang sebagai icon pariwisata untuk daerah Gianyar (and it better be), karena berkendara ke BMSP ini memakan waktu sekitar 2 jam dari Nusa Dua.
BMSP mempunya konsep yang sedikit berbeda dari Taman Safari Indonesia Cisarua (TSIC). Di TSIC kendaraan pribadi diperbolehkan masuk ke areal satwa dan kebanyak pengunjung membawa makanan berupa wortel utk diberikan pada hewan2. Di BMSP kita diharuskan berkendara dengan mobil yang disediakan pihak BMSP. Dusss, kita gak perlu bayar biaya masuk mobil dan supir yang menyertai kita. Mobil tersebut disertai dengan seorang narator yang menjelaskan semua hewan yang dilewati. Dusss , yang boleh ngasih makan ke hewan2 ya cuma sang narator saja.

Karena menggunakan mobil dari BMSP, jalur2 dalam areal binatang tersebut dibuat sedekat mungkin dengan binatang dan se natural mungkin. Contohnya , trek melewati rawa dan sungai buatan. Trek untuk melihat Kuda Nil dibuat melewati kolam kuda nil tersebut. Sehingga kita bisa melihat sang kuda nil tenggelam dan perlahan2 muncul sedemikian dekat dari mobil.

BMSP juga menyediakan areal Fun World. Disana terdapat Water World (lebih gede dari water park di science center Singapore) tapi tentu saja hanya seujung jari dari Water Boom :) Ake paling enjoy di area Water World ini. Selain itu juga ada bbrp ammusement.

Basically, BMSP is fun. Tapi karena berlokasi di Bali harapan gue rada melambung tinggi. Salah satu contoh, keramahan para penjaganya. Ramah2 sih , tapi pada pendiemmm ... bandingkan dengan jika kita berkunjung ke Movie World atau Disney. Mungkin karena kendala bahasa juga, padahal pengunjungnya banyak tourist asingnya juga lo .... Berasa apa ya ... kaya di lepas di kebon. Nggak ada yang ngasih tau mesti ngapain dan kemana. Contoh, bahwa kita mesti antri di jalur2 utk menuju terminal utama ke pemberhentian berikutnya. Baris satu mesti ke mana dll dsb ... bener2 dilepas di kebon.

BTW, BMSP juga menyediakan villa2. View bagian belakang villa tersebut menghadap ke areal hewan2.

Komentar gue, BMSP mesti berusaha keras supaya jadi icon nih. Ntah ammusementnya dibanyakin atau gemana. Its a quiet long drive to go there tho :P

1 comments:

Ratna said...

kesimpulannya ... recommended gak nih hehehe ... considering the fact that it's a long drive from civilization :)